Membeli HP 2nd. Siapa takut.

Membeli hanphone diperlukan trik dan ketelitian, karena erat kaitanya dengan harga hp second itu sendiri. Bagi kebanyakan orang, handphone adalah barang paling pribadi yang setia menemani kita dalam suka dan duka hi..hi..hi.
Tentukan pilihan sebelum beranjak ke toko/shop. Ini akan mempermudah dan tak membuat Anda pusing ketika telah sampai. Referensi dari website, blog, atau majalah amat diperlukan. Informasi dari teman juga bisa sebagai second opinion. Hal ini juga akan membantu mendapat informasi tentang paket pembelian.
Sesuaikan ponsel yang akan dibeli dengan tingkat kebutuhan. Model sah-sah saja jadi pertimbangan. Tingkat kebutuhan akan mengacu pada fitur yang diperlukan.
Pastikan dua atau tiga shop/toko. Tak perlu terlalu banyak, sebab biasanya harga yang ditawarkan adalah harga rata-rata. Selisih harga umumnya tak terpaut jauh.
Ponsel bekas ada beberapa macam. Ada yang paket penjualannya masih lengkap, ada pula yang hanya berisi handset dan charger baterai, bahkan ada yang batangan (hanya handset). Perhatikan kondisi fisik. Ada cacat atau tidak. Ini akan berkaitan dengan keputusan, apakah bisa ditolerir atau tidak. Sekaligus sebagai bahan untuk penawaran. sedikit lecet mungkin tak masalah, kecuali pada bagian layar dan bagian dalam. sebaiknya minta dicek semua.
Daya tahan baterai penting. Lakukan pengisian ulang sejenak (kalo memungkinkan). Kemudian cobalah untuk melakukan penggunaan fitur. Usahakan yang menguras baterai seperti kamera, musik, dll.
Tes speaker dengan melakukan panggilan. Boleh juga dengan memutar lagu bila memiliki kapasitas pemutar lagu.
Lihatlah jaringannya. Apakah memiliki jaringan triple atau quad. Ini penting jika Anda gunakan di luar negeri yang memiliki band berbeda. Beberapa ponsel bahkan hanya memiliki dualband.
Cek IMEI dan kartu garansi (barangkali masih berlaku). Mungkinkode ini perlu.
Jangan takut untuk mengembalikan jika ternyata tak sesuai dengan yang dijanjikan oleh penjual, itu juga kalau boleh xexexe. Hati hati juga dengan harga yang terlalu murah. Apalagi saat beli di perorangan atau teman kita, karna kalau dari perorangan, bisa jadi dia ga diterima jual di counter karna di counter jeli dan sangat teliti didukung yg ngecek rata-rata teknisi. Jadi kalau kita sama sekali ga tau mengenai kerusakan HP sebaiknya jangan dari perongangan kecuali dia teman dekat anda. Hehe basi ga sih bahas ini.. Jadi malu.

4 thoughts on “Membeli HP 2nd. Siapa takut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s