Jodoh di Chatting?!

Cinta.. adalah topik bahasan yang tidak akan pernah ada habisnya. Ia selalu menarik untuk dibicarakan baik oleh orang dewasa dan juga remaja.

Menikah, sebagai salah satu sunnah Rasul adalah impian setiap anak adam. Bagi mereka yang sudah memiliki kesiapan baik dari segi mental, ilmu, dan jg ma’isyah biasanya melakukan proses pencarian pasangan hidup dengan cara meminta bantuan orang tua, teman, rekan kerja atau bahkan guru mengaji untuk mencarikan pasangan hidup. Prosesnya pun biasa, dari mulai dikenalkan, ditanyakan kesiapan untuk membina rumah tangga hingga proses selanjutnya sampai ke jenjang pernikahan.

Namun.. saat ini proses itu tidak hanya dilakukan di dunia “nyata” saja. Pesatnya perkembangan teknologi informasi pun dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mencari pendamping / teman hidup. Hanya dengan sebuah kode dan password, maka sebuah dunia baru telah terbentang dimata anda, dunia virtual…

Tentang penggunaan internet untuk mencari pasangan, bisa saja dilakukan untuk bertukar biodata, selanjutnya dilakukan ta’aruf (perkenalan) lebih jauh dan diakhiri dengan pernikahan yang penuh berkah.

Akan tetapi kalau hanya untuk iseng-iseng saja, maka lebih baik jangan..

Adapun tata cara chatting untuk berta’aruf secara Islami sebenarnya hampir sama dengan proses di dunia nyata, diantaranya adalah :

1. niat yang baik dan ikhlas. Bahwa chatting untuk berta’aruf itu benar-benar dilakukan untuk mencari pasangan hidup, bukan untuk bermain-main atau “iseng” belaka.

2. Menggunakan bahasa yang sopan dan jauh dari kata-kata rafast (kata-kata yang membangkitkan syahwat seperti kata-kata yang merayu, romantis, dll) atau perkataan buruk lainnya untuk menghindari zina hati.

3. Cek dan ricek terhadap validitas dan kebenaran data yang diberikan oleh lawan chatting kita.

4. Sebelum memasuki jenjang pernikahan, lakukan pertemuan sesungguhnya di dunia nyata dengan didampingi oleh wali dan saksi. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak terjatuh dalam kemaksiatan, sekaligus untuk mengenal lebih jauh pasangan anda. Jangan-jangan pasangan anda hanya perfect di dunia virtual saja, tidak di dunia nyata.

5. Siapkan uang yang cukup untuk maen ke warnet. Atau kalau anda mengakses internet dari tempat kerja, coba perhatikan, apakah boss sedang tidak ada atau sedang di dekat anda. Biar lebih aman maen internetnya gituh.

6. Kita ga akan tau jodoh kita, apabila anda menemukan jodoh di chatting, maka jangan pernah membedakan asal-muasal perkenalan, karna itu semua adalah jalan hidup manusia yang sudah dalam ketentuan Allah S.W.T.

7. Bersyukur lah bagi yang sudah menemukan pasangan hidupnya. Semoga anda bahagia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s