Cara meredam amarah

Ketika anda mengalami persoalan yang memancing amarah, apa yang akan anda lakukan? Memendam amarah atau justru melampiaskanya kepada orang lain. dibulan suci ini kita sedang diuji menahan nafsu.. sepert nafsu syahwat, nafsu makan, nafsu amarah,dll. KEMBALI KE… permasalahan amarah saya akan coba kupas gimana cara mengelola amarah.

1. Tenangkan diri anda, bila anda sudah merasakan tanda tanda kemarahan seperti denyut nadi yang bertambah cepat, nafas ter engah-engah atau darah mengalir cepat, cobalah menarik nafas dalam-dalam dan redakan emosi yang sedang bergejolak.

2. Segera ambil jarak dari sumber kemarahan dan lakukan relaksasi singkat. Coba redakan amarah anda dengan mengatakan pada diri anda sendiri “it’s OK” atau “tenanglah” dll.

3. Ubahlah cara pandang anda, ketika sedan marah, pikiran dan tindakan kita jadi berlebih-lebihan dan dramatis.. rubahlah jadi rasional.

4. Selesaikan masalah dengan segera. ga baik bila sampe lebih dari 3 hari.

5. Melakukan konseling, ketika anda merasa tak mampu lagi mengendalikan amarah. lakukanlah konseling dengan orang yang anda anggap bijaksana.

Posted in Tak Berkategori

36 thoughts on “Cara meredam amarah

  1. ya secara teori memang gampang, tapi gimana kalau sumber kemarahan itu orang yang sama dengan kesalahan yang sama dan berkali-kali pula, hingga kita merasa jenuh untuk memaafkan, dan akhirnya susah untuk menahan marah kala orang itu nyakitin kita lagi………. hiks hiks hiks..

    1. Betul, amarah apabila sudah dilakukan oleh orang yang sama berkali-kali dan disengaja akan menimbulkan kejengkelan yang memuncak karna seolah berhadapan dengan tembok, mendal orng jawa bilang.pada hal dilakukan oleh manusia, berarti manusia ini tidak berotak lagi sama binatang

  2. Kalau sudah tau teorinya insyaAllah semua akan gampang, bayangkan kalau kita tidak tahu teorinya…apa yang mau kita perbuat ajapun kita tidak tau…Kalau orang-orang dulu (kakek/nenek kita) meredam amrah mereka dengan bertawakkal, berwudhu dan meminum segelas air putih.

  3. Sebenarnya ga penting tau teori/tidak yang terpenting seberapa tingkat keimanan orang.. Karena semua masalah, ujian/cobaan, nafsu/emosi, dll. Hanya dapat redam oleh keimanan kita, karna sesungguhnya musuh terbesar itu adalah diri kita sendiri.

  4. semua tergantung kebutuhan, kalo butuh kalem, ya kalem aja, kalau butuhnya marah-marah, ya luapin aja. kalo kita orangnya pemarah, trus butuh kalem, pasti di usahain sekeras mungkin buat kalem, kalo udah usaha meredam tetep keluar aje, pasti ada alasannya dan manfaat buat yang marahin dan yang dimarahin.asal tau konsekuensi dan tanggung jawab yang akan dihadapi ketika segalanya menjadi lebih baik atau sebaliknya.itu cukup buat saya (saya terkenal sangat pemarah dan tidak sabaran dikalangan keluarga, teman dan kerabat)terkadang marah-marah juga ada manfaatnya kok,asal di tempat dan waktu yang tepat,itu juga kalo kita bisa….thnks

  5. aku orangnya mudah tersinggung dan mudah marah , tapi aku cepet pula melupakan masalah itu dan kalau kemarahan ku tidak dilampiaskan aku suka pusing , kepala ini suka sakit
    Apakah ada cara untuk penyelesaian

  6. Terimakasih atas tips nya…
    O ya ada tambahan ne…
    Secara Islam kita dianjurkan untuk berwudhu ketika amarah muncul dengan tidak terkendali. Karena sesungguhnya amarah adalah sifat syetan, maka dapat diredakan dengan air. Jadi berwudhu dapat menjauhkan pengaruh syetan dari diri kita.
    Just try! InsyaAllah.

  7. emang susah yang namanya nahan amarah.. secara teori mungkin banyak orang berpikir mudah dan mengangguk2 tanda setuju and said “itu yg seharusnya di lakukan”, tapi prakteknya juga terkadang masih banyak dan mungkin termasuk saya yang blm bisa sepenuhnya bisa. tapi apapun itu, pernyataan yang disampaikn ttg mengatasi amarah adalah cara kita untuk tetap dan terus mengendalikan rasa marah,,mungkin kalo kita ga baca kita tetap tdk akan tau gmn sich caranya biar amarah ttp terkendali. semoga Allah selalu melimpahkan rahmatnya pada kita.. amiiiin…

  8. kalau kita seorang yang pemarah mgkn kita harus malu thdp diri sendiri d..kenapa kita musti mudah marah??toh..kalau mau luapin kekesalan bisa dengan cara lain kq..kalau marah2 melulu tar cepat tua lo..hehe..

  9. Sedikit bicara, banyaklah berdoa, cukup satu kalimat untuk mengekspresikan kemarahan, namun penuh makna yang mendalam. Intonasi datar caranyapun tepat, marahlah pada saat yang tepat dan dengan alasan yang jelas, sehingga mampu membangkitkan kesadaran serta tidak menyakiti siapapun. Demikian cara Rasulullah SAW mengekspresikan kemarahannya. Dengan amarahnya tidak ada satu orangpun yang tersakiti karena disalurkan dengan cara yang tepat dalam kondisi yang tepat kepada orang yang tepat. Dengan semua emosinya beliau menjadi pribadi yang terhormat karena mampu menyikapi semua hal dengan proporsional.

  10. q cewe yg perasaannya sensitiv bgt…
    mudah marah n kl dh marah ci q bs dibilang ky kesetanan, banyak buku2 tntng cara menahan marah q bc,q pahami,tp kq mc susah..bgt bwt nahan marah. apa perlu di rukiyah y???? tq.

  11. Aku jga pngen nambhin nih…
    Klo kta sdang mau kdatangan si amarah tu, sbaiknya kta usahakan untk langsung duduk klo dlam keadaan bdiri. Met mncoba mga brhsil šŸ˜‰

  12. saya setuju tuch dengan pendapat, amarah bisa diredam dengan kembali pada keimanan kita..coba intropeksi diri masing2 mestinya.
    ya gila aja ngkaleee..kalo mau sama2 marah..kapan selesainya tuch…masalah…

  13. Wow . . . Susah juga ya ngilangin amarah,mang bener dg cara qt intropeks dr qt ndiri mungkin bisa ngurangin amarah to. . . . . . Iman n takwa qt juga rus d jaga,biar ga gampang marah. . . . . . Tanks yow q jd tw cara2 ngilangin amarah,meskipun ga 100 % bisa ngredain to masalah,tp setidakny q udah berusaha,cz q lo lg marah mending diem. . . . Tanks yow

  14. rsnya klo marah hati kt tak bs mengndalikn,tp klo udh nangis/dtegur ama org lain/ibu kt rsnya hati q mjd tenang wlp sulid utk menghadapi kenyataan.
    So………….. klo ad mslh jgn dpendam critakn pd sm org yg u prcya yg bs mncr jln kluar n bs tdk d ekspo(kyk artis aja)šŸ˜€
    ex:ibu!!!
    med mncoba n smoga u tdk larut ama apa yg u sesali bklh lmbrn baru!!!
    Cayo……………

  15. MARAH SAMA SEKALI TIDAK MEMBAWA MANFAAT DALAM KEHIDUPAN YG INDAH INI, SETIAP PERMASALAHAN “TIDAK” AKAN SELESAI “DENGAN BAIK” JIKA DITANGGULANGI DENGAN ” M.A.R.A.H “…(ADA YG BISA MENYANGKAL DENGAN TEORI INI???)..SO, MARAH=SETAN…MAU KITA SEPERTI SETAN? SEKARANG YA MONGGO DIPILIH, MAU KAYAK SETAN, YA SILAHKEN MARAH-MARAH…

  16. ya kadang marah bikin aku pusing kepala,dan sesak dada apabiala tidak terlampiaskan,aku sangat susah utk melawan marah ini,kadang aku berusaha utk melawan dan berusaha tidak akan mengulangi lagi tapi aku tidak bisa,tetap aku tak dapat menahan marah apabiala aku dibohongin dan sangat membuat aku kesal apabila aku tidak dianggap,dan saranku tidak diperhatikan

  17. menurut pndapat saya, kalau kemarahan kita telah bergejolak kepada seseorang,, kita pergi jauh jauh dari dia jangan temuin dia sampai hati kita tenang, jernihkan kembali fikiran kita tarik nafas panjang, fikirkan kembali masak-masak apakah kemarahan kita itu wajar n benar benar masuk akal, setelah fikiran kita jernih kembali kita tentukan apa yang harus kita lakukan selanjutnya

  18. saat mslah mendera kita sering kali kita lupa akan mengontrol diri..
    dsaat semua terjadi kita hanya bisa menyalah kan diri,,,..
    dsaat masalah selesai tetapi tak sesuai dengan kemauan kita,kita hanya hny dsisakan satu kata yaitu “PENYESALAN” …
    Stu kata tetapi beribu ribu makna……….
    kata itu yg slalu ak takutin……..
    tp slma kita bisa mengontrol amrah,n bsa ngendalin diri psti tkan ada kta “PENYESALAN”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s